Akomersial

Segala Hal yang Berbau Komersial

Wednesday 11 April 2018

Pengertian Perusahaan Tbk dan Contohnya

Sebagai seorang pemula di dunia bisnis, seseorang sering kali menemui istilah baru yang kadang tidak mudah untuk dipahami. Salah satu istilah tersebut yang pasti akan membuat kebingungan adalah Tbk. Sering kali banyak orang yang menyebut nama perusahaan tbk. Tetapi yang jadi pertanyaan, apa pengertian dari tbk itu? Berikut ulasan lengkap dari pengertian dan contoh nya.
https://akomersial.blogspot.com/2018/04/pengertian-perusahaan-tbk-dan-contohnya.html
Pengertian Perusahaan Tbk dan Contohnya


Pengertian Tbk

Tbk merupakan singkatan dari terbuka. Apabila PT memiliki pengertian perseroan terbatas, PT dengan akhiran tbk memiliki arti perseroan terbuka. Ada beberapa hal yang akan menjadi ciri pasti dari sebuah perusahaan tbk. Ciri yang paling jelas bisa dilihat dari saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Saham dari sebuah perusahaan berlabel tbk terbuka untuk umum.

Maksudnya, saham dari perusahaan yang memiliki label terbuka akan diperjualbelikan secara umum pada masyarakat luas dan jumlah dari pemegang saham nya sendiri pun tidak dibatasi. Apabila melihat pada bursa saham, sebuah perusahaan yang berlabel tbk pasti terdaftar di bursa saham karena hal tersebut memang harus dilakukan oleh perusahaan tipe ini.


Jika dilihat dari jumlah pemegang sahamnya, perusahaan terbuka ini harus memiliki minimal 300 pemegang saham. Jumlah pemegang saham ini memang dikatakan cukup banyak tetapi hal ini pun bisa dikatakan sangat sinkron jika dilihat dari jumlah minimal modal yang disetor dari perusahaan tipe ini. Seminimal mungkin, perusahaan terbuka perlu menyetorkan modal sebesar 3 miliar rupiah.


Nama tbk sendiri sebenarnya bukan merupakan nama yang digunakan dalam taraf internasional. Perusahaan terbuka memiliki nama yang berbeda beda di setiap negara sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. Tetapi tetap, walaupun nama nya berbeda beda, perusahaan dengan tipe terbuka memiliki arti dan maksud yang sama pada tiap negara.



Kewajiban Perusahaan Terbuka

Untuk kewajibannya sendiri, perusahaan dengan nama terbuka ini memiliki kewajiban untuk memberikan laporan. Laporan tersebut harus lah diberikan pada badan pengawas pasar modal atau juga sering disingkat sebagai BAPEPAM. Hal ini sesuai dengan yang terdapat pada pasal 85 UUPM yang mana memberikan kewajiban pada perusahaan terbuka untuk rutin melapor pada BAPEPAM.


Istilah para Pemegang Saham

Seperti yang telah diketahui, saham dari perusahaan terbuka memang terbuka untuk umum. Dan sesuai peraturan perundang undangan, perusahaan terbuka harus memiliki sekurang kurang nya 300 pemegang saham. Hal ini sebenarnya menyebabkan suatu hal yang cukup berbeda dalam urusan penyebutan istilah pemegang saham tersebut.

Tidak seperti pada perseroan terbatas, pemegang saham pada perseroan terbuka sangat jarang disebut sebagai pemegang saham independen. Sering kali dan memang sudah merupakan sebuah hal yang wajar jik dalam perseroan terbuka terjadi merger, akuisisi, dan konsolidasi. Oleh karena itu, kepentingan dari pemegang saham independen memang sangat perlu diperhatikan.



Contoh Perusahaan Tbk

1.    PT Bank Danamon Indonesia Tbk

https://akomersial.blogspot.com/2018/04/pengertian-perusahaan-tbk-dan-contohnya.html
PT Bank Danamon Indonesia Tbk
PT Danamon Indonesia merupakan salah satu dari banyaknya perusahaan yang menggunakan label terbuka. Danamon Indonesia memang merupakan suatu perusahaan yang bergerak pada jasa keuangan atau publik. Perusahaan ini merupakan anak dari perusahaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.


2.    PT XL Axiata Tbk

https://akomersial.blogspot.com/2018/04/pengertian-perusahaan-tbk-dan-contohnya.html
PT XL Axiata Tbk
Perusahaan yang memiliki kantor pusat di Jakarta Selatan ini merupakan salah satu jenis perusahaan terbuka. Perusahaan ini bergerak sebagai operator telekomunikasi dan nama nya sendiri sudah sangat tersohor di Indonesia. Saat didirikan pada tahun 1989, perusahaan ini bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk, tetapi pada tahun 2009 perusahaan ini berganti nama dengan yang sekarang digunakan.

Sekarang, sudah jelas bukan penjelasan mengenai apa itu Perusahaan Tbk. Selain istilah Tbk, sebenarnya terdapat istilah lain seperti PT. Atas dasar ketidakpahaman pula, banyak orang yang mencari arti PT. Mungkin untuk arti PT atau Perseroan terbatas bisa di klik disini, tapi setidaknya, pemahaman mengenai Tbk sekarang sudah jelas bukan?

13 comments: