Akomersial

Segala Hal yang Berbau Komersial

Wednesday 17 April 2019

Pengertian PT Kosong dan Contohnya, Ada Faktor Penyebab Juga !!!

Pengertian PT Kosong dan contohnya sering kali tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Sebenarnya, terdapat 1 hal yang menyebabkannya. Hal itu sendiri karena kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa ada 2 jenis PT yaitu PT terbuka dan PT tertutup. Untuk anda yang juga belum mengetahui tentang PT tertutup dan terbuka, 2 artikel di bawah ini bisa menjadi referensi.

PT Tertutup :
Pengertian PT Tertutup dan Contohnya Secara Lengkap dan Detail

PT Terbuka : 

Pengertian Perusahaan Tbk dan Contohnya

Tapi yang jadi pertanyaan, apa itu PT Kosong? Apakah yang dimaksud karena PT tersebut kosong tanpa pegawai? Jawabannya tentu saja tidak. Daripada menaruh penasaran yang semakin tinggi tentang apa itu PT Kosong, berikut penjelasan mengenai pengertian PT Kosong dan Contohnya juga beberapa faktor yang menyebabkan pemberian nama kosong tersebut.


https://akomersial.blogspot.com/2019/04/pengertian-pt-kosong-dan-contohnya.html
Pengertian PT Kosong

Pengertian PT Kosong

Untuk memulai usaha, ada hal yang perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan. Pertama, perusahaan tersebut harus melegalkan badan usaha nya terlebih dulu. Jika itu selesai dilakukan, baru lah pemilik bisa memulai jenis usaha yang dipilih. Namun walaupun begitu, kondisi ini tidak seterusnya terjadi.

Dalam beberapa kasus, sebuah perusahaan yang badan usaha nya sudah legal pun sering kali tidak menjalankan usaha nya. Inilah yang disebut dengan PT kosong. Jadi mudahnya, PT Kosong adalah salah satu jenis perusahaan yang badan usaha nya sudah legal di mata hukum tetapi tidak melakukan kegiatan yang bertujuan untuk mencari keuntungan atau profit.

Faktor Penyebab


Setelah mengetahui tentang pengertian PT Kosong secara singkat di atas, perlu diketahui juga bahwa sebuah perusahaan tidak kosong dengan sendirinya. Itu karena, terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan tidak adanya kegiatan mencari keuntungan tersebut. Jika diklasifikasikan, terdapat 4 faktor yang bisa menyebabkannya.

1. Saham Tidak Laku
Hal pertama yang bisa menyebabkan sebuah perusahaan termasuk ke dalam PT Kosong adalah karena saham yang tidak laku. Seperti yang pasti telah diketahui, saham berguna sebagai modal perusahaan. Jika saham dari sebuah perusahaan tidak laku, kegiatan untuk mencari profit pun tidak bisa dilakukan karena tidak adanya dana untuk melakukan kegiatan tersebut.

2. Tidak Adanya Izin Usaha
Untuk beberapa usaha tertentu seperti penerbangan, izin penjalanan usaha perlu dimiliki setelah badan usaha nya dilegalkan. Sebagai contoh, hal ini terjadi pada PT Adam Air. Walaupun terdapat beberapa faktor yang menyebabkan PT Adam Air menjadi PT Kosong, salah satu faktor penyebabnya adalah karena dicabutnya izin usaha penerbangan oleh pemerintah.

3. Utang Besar
Untuk yang ketiga, utang besar juga bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Bayangkan, bagaimana jika utang suatu perusahaan tidak bisa dibayarkan tanpa menjual seluruh saham nya? Tentu, ini akan membuat finansial perusahaan tersebut tidak stabil. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pemegang saham baru yang berani membeli saham dalam jumlah banyak hingga jumlah utang bisa dikurangi dan selisih dana untuk kegiatan usaha bisa dimiliki.

4. Keputusan Bersama
Memang, faktor keempat ini sangat jarang terjadi. Tapi ingat, jika direksi dan para pemegang saham sudah memutuskan untuk menonaktifkan perusahaan pada rentang waktu tertentu, perusahaan tersebut pun akan menjadi PT Kosong hingga penonaktifan tersebut berakhir.

Contoh PT Kosong


Di atas, salah satu PT Kosong yaitu PT Adam Air telah sedikit diulas. Namun supaya ulasan mengenai pengertian PT Kosong dan contohnya ini lebih jelas, berikut beberapa contoh PT Kosong lain beserta faktor penyebab kekosongan tersebut.

1. PT Adam Air

https://akomersial.blogspot.com/2019/04/pengertian-pt-kosong-dan-contohnya.html
PT Adam Air
Sebagai pelanjut, mari perdalam faktor penyebab yang menjadikan PT Adam Air disebut sebagai PT Kosong. Bisa dibilang, ada 3 faktor utama yang menyebabkannya. Faktor pertama adalah karena utang yang terlampau besar. Selain itu, 50% saham nya pun tidak ada yang mau membeli alias tidak laku. Sebagai faktor terakhir dan yang terkuat, pemerintah mencabut izin terbang dari perusahaan ini karena standar kualitas yang dirasa kurang.

2. PT Asian Biscuit

https://akomersial.blogspot.com/2019/04/pengertian-pt-kosong-dan-contohnya.html
PT Asian Biscuit
Jika disimpulkan, PT Adam Air tidak berjalan karena saham yang tidak laku, tidak adanya izin usaha, dan utang yang besar. Tapi untuk PT Asian Biscuit, terdapat 1 penyebab utama. Penyebab itu sendiri adalah karena pertikaian antara manajemen dengan pihak karyawan. Menurut beberapa media online, para karyawan tidak terima karena uang PHK yang diberikan perusahaan ini tidak sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Menarik bukan penjelasan mengenai pengertian PT Kosong dan contohnya di atas? Jika artikel ini dirasa bermanfaat, merupakan keputusan yang sangat dihargai jika meninggalkan jejak di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment