Akomersial

Segala Hal yang Berbau Komersial

Wednesday 17 April 2019

Pengertian PT Tertutup dan Contohnya Secara Lengkap dan Detail

Pengertian PT Tertutup dan contohnya merupakan ilmu dasar yang telah diketahui oleh banyak orang. Tapi sebenarnya, sekarang pun ada banyak orang yang belum mengetahui apa itu perusahaan tertutup. Pada artikel sebelumnya berjudul Pengertian Perusahaan Tbk dan Contohnya yang bisa di klik disini, telah dibahas mengenai arti lengkap perusahaan Tbk yang merupakan salah satu dari 3 jenis PT.
 
https://akomersial.blogspot.com/2019/04/pengertian-pt-tertutup-dan-contohnya.html
Pengertian PT Tertutup dan Contohnya
Untuk melengkapi pemahaman pembaca mengenai 3 macam jenis PT tersebut, kali ini akan dibahas secara lebih lengkap mengenai pengertian PT tertutup dan contohnya. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja berikut uraian lengkap mengenai PT atau perseroan terbatas dengan jenis tertutup.

Dasar Hukum

Untuk mengetahui tentang pengertian PT tertutup dan contohnya, akan lebih baik jika mengetahui dulu mengenai dasar hukum nya. Tapi kali ini, dasar hukum tersebut tidak akan dituliskan secara detail. Disini hanya akan diberitahukan bahwa dasar hukum untuk PT Tertutup berada di UU No. 40 tahun 2007 yang membahas tentang Perseroan terbatas atau sering disingkat sebagai UUPT.

Pengertian PT Tertutup


Setelah mengetahui tentang dasar hukum nya, sekarang lah waktu yang tepat untuk mengetahui tentang pengertian PT tertutup. Sebenarnya jika membahas tentang PT tertutup, akan lebih baik jika memahami terlebih dulu tentang apa itu PT. Singkatnya, PT atau perseroan terbatas adalah sebuah badan usaha yang diakui negara dengan pemilik saham sebagai pemodal.

Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang PT, ada baiknya mengulas lebih jauh di artikel akomersial yang berjudul Arti PT atau Perseroan Terbatas di Awal Nama Perusahaan dengan klik disini.

Pada intinya, saham adalah poin yang sangat penting di sebuah PT atau perseroan terbatas. Lalu, apa maksud dari istilah tertutup? Sebenarnya, istilah tertutup ini ditujukan untuk kepemilikan saham. Singkatnya, saham dari perusahaan tertutup ini tidak terbuka untuk umum seperti yang terlihat di perusahaan terbuka. Hal ini juga memberi kepastian bahwa PT tertutup tidak akan menawarkan saham nya ke publik secara bebas.

Saham yang Terdaftar
Di dunia saham, sekarang sudah terkenal sebuah bursa saham dengan nama bursa efek. Disini, banyak transaksi jual beli saham akan terlihat. Jika melihat pada perusahaan terbuka, tentu saham nya akan terdaftar pada bursa efek. Tapi karena tidak diperjualbelikan, saham dari perusahaan tertutup tidak akan pernah terlihat di bursa efek.

Kepemilikan dan Kewajiban Pelaporan
Mungkin setelah mengetahui tentang penjelasan dari perusahaan tertutup di atas, akan ada sebuah pertanyaan yang tercipta. Pertanyaan tersebut adalah bagaimana perusahaan tertutup bisa mendapatkan tambahan modal jika kepemilikan saham nya tertutup untuk publik? Tentu, ini menjadi pertanyaan yang cukup wajar karena normalnya, sebuah PT mendapat tambahan modal dari para pemegang saham.

Ketahuilah, jawaban dari pertanyaan tersebut terletak pada para pemilik saham di PT tertutup. Biasanya, sifat tertutup ini dimiliki karena saham di perusahaan tersebut diperuntukkan untuk keluarga pemilik. Tentu, para pemilik saham tersebut sangat percaya bahwa kestabilan finansial ini akan dipertahankan walaupun tidak mengikutsertakan orang luar.

Dengan sistem kepemilikan yang bersifat non publik, kewajiban pelaporan yang diberikan negara pun tidak seperti kepada perusahaan terbuka. Untuk sekarang, tidak ada kewajiban pelaporan ke Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan) bagi perusahaan tertutup. Tentu, hal ini jelas lebih mudah jika dibandingkan dengan kewajiban pelaporan ke Bapepam yang diharuskan bagi perusahaan terbuka.

Contoh Perusahaan Tertutup
Mungkin di atas, pengertian PT tertutup sudah cukup jelas dan membuat para pembaca semua memiliki bayangan. Untuk membuat pemahaman pembaca menjadi lebih jelas, kali ini akan diulas tentang contoh perusahaan tertutup. Berikut contoh contoh nya :

1. Salim Group

https://akomersial.blogspot.com/2019/04/pengertian-pt-tertutup-dan-contohnya.html
Logo Salim Group
Contoh perusahaan tertutup pertama adalah Salim Group. Perusahaan ini sendiri bergerak di banyak bidang mulai dari media, telekomunikasi, Keuangan, Otomotif, Ritel, dan masih banyak lagi. Untuk pendiri, Salim group didirikan oleh Sudono Salim pada 4 Oktober 1972. Tapi sekarang, tokoh kunci di perusahaan ini adalah Anthony.

2. Bakrie Group

https://akomersial.blogspot.com/2019/04/pengertian-pt-tertutup-dan-contohnya.html
Logo Bakrie Group
30 tahun lebih tua dari Salim Group, Bakrie Group didirikan oleh Achmad Bakrie pada 10 februari 1942. Operasi dari perusahaan ini tersebar ke berbagai wilayah di seluruh dunia. Untuk sekarang, ada 2 orang tokoh kunci di Salim Group yaitu antara lain Nirwan Bakrie dan Indra Bakrie. Kedua tokoh kunci itulah yang mengatur perusahaan bakrie group yang bergerak di berbagai macam bidang ini.

Simple bukan pemahaman mengenai pengertian PT tertutup? Jika anda sudah memahami nya dengan jelas dan merasa bahwa artikel ini cukup membantu, tidak ada salah nya bukan jika memberi jejak pada kolom komentar di bawah?

No comments:

Post a Comment