Akomersial

Segala Hal yang Berbau Komersial

Saturday 18 May 2019

Pengaruh Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Serta Tata Cara Membangunnya

Pengaruh kerjasama tim terhadap kinerja karyawan memang cukup besar. Untuk itu, seorang pengusaha atau atasan yang memiliki tanggung jawab atas bawahannya perlu memahami poin ini dengan baik. Tapi masalahnya, pengaruh apa saja yang rasanya sangat penting terhadap kinerja para karyawan? Daripada dibuat kebingungan oleh hal tersebut, berikut 4 pengaruh paling utama yang perlu diketahui.
https://akomersial.blogspot.com/2019/05/pengaruh-kerjasama-tim-terhadap-kinerja-karyawan.html
Pengaruh Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan

Pengaruh Kerjasama Tim

1. Kenyamanan
Pengaruh pertama adalah berhubungan dengan kenyamanan dari  karyawan itu sendiri. Apakah kenyamanan ini penting? Jawaban nya tentu saja penting. Bayangkan, bagaimana jika seseorang diharuskan untuk bekerja tanpa merasakan kenyamanan di dalamnya. Hal tersebut jelas akan membuat sang karyawan merasakan tekanan berlebih karena tidak berada di lingkungan yang sesuai.

2. Motivasi Lebih
Setelah mengetahui tentang kenyamanan, poin selanjutnya pada macam pengaruh kerjasama tim terhadap kinerja karyawan adalah tentang motivasi lebih. Jika dikatakan tentang motivasi kerja, awalnya pasti karena uang. Namun, kerjasama tim yang baik akan membuat motivasi tersebut bertambah. Bukan tidak mungkin, karyawan akan memiliki motivasi untuk memberikan yang terbaik sehingga kinerja nya bisa maksimal.

Baca Juga :
Perbedaan Konflik Fungsional dan Disfungsional Bagi Sebuah Perusahaan Atau Kelompok

3. Penurunan Tekanan
Dalam dunia kerja, tekanan yang berawal dari target pasti didapat karyawan. Dengan adanya kerjasama tim yang baik, tekanan tersebut tidak akan dilawan sendirian oleh karyawan. Tentu, mereka akan merasa bahwa tekanan tersebut dibagi rata dengan rekan kerja yang lain. Hal ini jelas akan menurunkan beban karyawan yang membuat kondisi kerja menjadi lebih kondusif.

4. Hasil Akhir 
Inilah mungkin macam pengaruh kerjasama tim terhadap kinerja karyawan yang paling utama. Bisa dikatakan, hasil akhir yang baik adalah kelanjutan dari 3 poin yang dijelaskan sebelumnya. Semua orang pasti akan setuju jika terdapat statement yang mengatakan bahwa kenyamanan, motivasi lebih, dan penurunan tekanan akan membuat hasil akhir dari kinerja karyawan akan meningkat.

Cara Membangun Kerjasama Tim
Setelah mengetahui  bahwa pengaruh kerjasama tim terhadap kinerja karyawan sangat vital, setiap orang pasti mempertanyakan tentang cara membangun kerjasama tim tersebut. Sama seperti jumlah poin pada macam pengaruh, jumlah poin dari macam cara membangun kerjasama tim pun berjumlah 4. Untuk itu, berikut keempat poin tersebut.

1. Rules
Inilah cara pertama yang bisa dilakukan agar kerjasama tim para karyawan bisa meningkat. Singkatnya, buatlah aturan yang mengharuskan mereka saling mengenal antara satu dengan yang lain. Aturan yang bisa dibuat pun bermacam macam mulai dari keharusan untuk saling menyapa hingga peluangan waktu untuk sesi curhat pada jam kerja.

2. Touring
Jika cara pertama adalah hal yang dilakukan pada jam kerja, cara kedua ini membutuhkan ajakan untuk mengisi liburan bersama. Bisa dikatakan, touring adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kedekatan antara satu orang dengan yang lain. Disana, akan terdapat banyak momen kebersamaan yang pasti meningkatkan cemistry dari orang orang yang mengikutinya.

3. Camping
Selain touring, camping juga bisa dipilih sebagai cara untuk meningkatkan kerja sama. Ingat, poin yang ditekankan disini adalah berkumpul dan melakukan sharing di malam hari. Memang, akan sangat baik jika sharing tersebut dilakukan di alam bebas dengan tenda sebagai tempat tidur. Tapi jika sulit, bermalam di villa atau lokasi sejenisnya pun bukan lah pilihan yang buruk.

4. Dukungan Atasan
Ingat, peran dari atasan sangat penting untuk meningkatkan kerjasama tim antara satu karyawan dengan yang lain. Dengan dukungan dan arahan untuk terus bekerjasama dan meningkatkan kedekatan personal, dampak yang akan terasa oleh para karyawan pun pasti akan terasa. Mereka akan menganggap bahwa hal tersebut adalah hal yang perlu dilakukan dan mengusahakan diri untuk melakukannya.

Setelah mengetahui ulasan di atas, sangat ditekankan bahwa seorang karyawan perlu mengusahan diri untuk meningkatkan cemistry dengan rekan kerja yang lain. Disisi lain, seorang atasan pun perlu kreatif dan membuat hal baru agar kedekatan dari para karyawan nya bisa dipertahankan. Ingat, pengaruh kerjasama tim terhadap kinerja karyawan merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan.

No comments:

Post a Comment