Akomersial

Segala Hal yang Berbau Komersial

Thursday 22 August 2019

4 Tips Pemasaran Kreatif dengan Rasio Kesuksesan Terbesar

Pemasaran kreatif yang efektif memang sedang banyak dicari. Hal ini terjadi karena semakin kecilnya kemungkinan mendapatkan pekerjaan tetap yang layak. Itu berimbas pada meningkatnya jumlah orang dengan minat bisnis.

https://akomersial.blogspot.com/2019/08/tips-pemasaran-kreatif.html
Tips Pemasaran Kreatif

Bisa dikatakan, bisnis adalah salah satu cara termudah yang bisa dilakukan ketika peluang karir sudah tidak ada. Tapi ingat, kecerdasan dalam kreativitas pemasaran kreatif memang perlu dimiliki. Sebagai saran, berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

Sosmed Sebagai Prioritas


Sosmed atau sosial media merupakan media pemasaran kreatif paling utama dari ke-empat poin yang akan dijelaskan. Sekarang ini, sosial media marketing memang menjadi tren tersendiri di dunia bisnis. Hal ini dirasa sangat wajar mengingat sosmed memiliki 3 kelebihan utama yang menjadikannya layak untuk dipilih.

1. Kualitas Penyampaian
Sekali membuat konten menarik dalam menyampaikan produk, konten tersebut dapat dikirim berulang-ulang sehingga kualitas penyampaian tetap terjaga. Hal ini berbanding terbalik dengan teknik marketing secara langsung mengingat mood seseorang yang bertugas sebagai marketer sering kali berubah-ubah.

2. Target Pasar
Dalam sosmed, terdapat forum-forum ataupun sistem tag yang membuat pengelompokan suatu hal menjadi lebih mudah. Ini jelas mempermudah marketer untuk menemukan target pasar. Dengan masuk ke forum yang tepat dan menggunakan tag yang tepat pula, penyampaian produk dijamin tepat sasaran.

3. Finansial
Aspek finansial ini sebenarnya merupakan aspek lanjutan dari aspek pertama dan yang kedua. Saat menggunakan melakukan pemasaran sosial media, kedua aspek diatas dapat diraih dengan biaya yang sangat minim dan bahkan tanpa biaya sama sekali.


Baca Juga : "Bisnis Online Sistem Pre Order, Berikut 11 Tips yang Harus Diikuti"

Diskon dan Bonus

Seseorang hendak membeli suatu produk dan menemukan produk sama dari 2 penjual berbeda. Walaupun selisihnya hanya 5 ribu rupiah, produk yang lebih murah pasti terpilih. Ingat, diskon ini tidak untuk diberikan secara terus menerus.

Ketika produk telah mendapat banyak konsumen dan memiliki rating baik, diskon sebenarnya bisa dihilangkan. Daripada terus memberi diskon, merupakan pilihan yang lebih tepat jika memilih untuk member bonus secara rutin kepada para pelanggan setia.

Dengan pemberian bonus tersebut, keinginan pelanggan untuk mendapat bonus selanjutnya akan meningkat. Hal tersebut tentu akan membuat omset penjualan semakin meningkat. Bonus yang diberikan pun tidak perlu terlalu mahal. Cukup dengan produk senilai 20 hingga 30 ribu rupiah maka minat konsumen pun akan tergugah.

Berikan Label Member

Telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa bonus yang diberikan kepada pelanggan setia dapat meningkatkan minat beli. Namun selain itu, terdapat tips pemasaran kreatif tambahan yang bisa menarik konsumen agar kembali lagi secara berulang ulang.

Tipsnya dengan memberikan label member kepada mereka. Sebagai saran, mungkin hal ini bisa dilakukan pada setiap transaksi konsumen yang telah melakukan pembelian lebih dari 5 kali. Bentuk Label itu sendiri bisa merupakan secarik kertas yang ditulis dengan tulisan tangan berisikan nama konsumen ditambah ucapan terima kasih.

Dijamin, konsumen akan merasa dihargai dan diakui sebagai seorang pelanggan setia. Bisa saja konsumen itu juga akan menyarankan kepada kerabat atau kenalannya agar membeli produk serupa kepada anda.


Baca Juga : "20 Peluang Bisnis Modal Kecil dengan Prospek Terjamin (Modal di Bawah 1 Juta Rupiah)"

Buat Perkumpulan

Membuat komunitas atau perkumpulan sejenisnya merupakan salah satu teknik pemasaran kreatif yang bisa dipilih. Cara ini bisa menjadi sangat sukses jika dilakukan oleh para pebisnis yang memiliki lokasi dagang sendiri.

Sebetulnya, para pebisnis yang bergelut secara online tanpa lokasi dagangpun masih bisa menggunakan tips yang terakhir ini. Hanya saja, diperlukan usaha lebih agar para konsumen berminat untuk membangun perkumpulan tanpa base camp.

Sebetulnya, pembuatan perkumpulan ini bertujuan untuk meningkatkan nama brand. Jika terdapat 2 produk mirip dengan harga sama, setiap orang pasti akan memutuskan untuk membeli produk dari brand yang lebih terkenal. Disinilah mungkin tujuan utama dari tips pemasaran kreatif yang keempat.

Menarik bukan keempat tips yang diberikan oleh akomersial? Ingat, kesuksesan marketing dari sebuah brand tergantung seberapa besar usaha dari marketer itu sendiri. Untuk itu, kuantitas dan kualitas dari aktualisasi keempat tips pemasaran kreatif ini perlu diprioritaskan.

No comments:

Post a Comment