Akomersial

Segala Hal yang Berbau Komersial

Tuesday 16 April 2019

Patut Dicoba !!! Tata Cara dan Strategi Pemasaran Bisnis Termudah dan Efektif

https://akomersial.blogspot.com/2019/04/tata-cara-strategi-pemasaran-bisnis.html
Tata Cara dan Strategi Pemasaran Bisnis
Tata cara dan strategi pemasaran bisnis termudah dan efektif memang sangat dicari oleh kebanyakan orang. Hal tersebut sangat wajar mengingat hal ini begitu diperlukan untuk kelangsungan setiap cabang bisnis. Pada artikel sebelumnya, pernah dibahas mengenai arti lengkap dari manajemen pemasaran yang bisa dibuka dengan klik disini. Namun, penerapan di dunia nyatanya belum dijelaskan secara langsung.
 
Untuk itu pada kesempatan kali ini, akan terdapat ulasan mengenai penerapan langsung dari tata cara dan strategi pemasaran bisnis termudah dan efektif. Tentu, penerapan langsung nya disesuaikan dengan kondisi yang sekarang sedang terjadi. Untuk itu, berikut langsung saja ulasan lengkap mengenai hal tersebut yang akan dibagi menjadi beberapa poin.

Jangan Start dari Nol
Mungkin bagi para pebisnis yang kondisi usaha nya sudah berjalan, poin pertama ini sudah tidak bisa diterapkan. Tapi jika usaha masih dalam tahap persiapan dan sudah memiliki target berupa tanggal mulai berjalannya usaha, poin ini bisa diterapkan. Ingat, kebanyakan orang sering melakukan kesalahan dengan memulai bisnis tanpa diketahui oleh orang di sekitar. Dengan ini, hari hari pertama mulai nya berbisnis akan menyulitkan pemilik usaha.

Itu karena, tidak ada pemberitahuan sama sekali bahwa usaha tersebut akan dibuka. Untuk menyelesaikan masalah ini, ada baiknya tata cara dan strategi pemasaran bisnis sudah dimulai dari sejak h-7 usaha tersebut dibuka. Untuk memulai dari h-7, ada banyak usaha yang bisa dilakukan. Mungkin, cara ini sangat mudah dilakukan jika pebisnis akan menggunakan ruko atau suatu tempat dagang tertentu dalam berbisnis.

Mulai lah buka ruko tersebut dengan peralatan seadanya dari sejak h-7. Dengan itu, warga sekitar dan orang orang yang melewat akan mulai terbiasa dan mengetahui bahwa terdapat usaha tertentu di ruko tersebut. Dengan sudah dibukanya ruko tersebut dari sejak h-7, usaha akan mulai berjalan normal ketika memasuki tanggal mulai berjalannya usaha. Tentu, hal ini akan membuat hari hari pertama tidak sesulit sebelumnya.

Bisnis Tidak Menggunakan Ruko atau Tempat Dagang?
Tapi yang jadi pertanyaan, bagaimana jika ruko atau tempat dagang tertentu tidak digunakan? Hal tersebut memang patut dipertanyakan karena ada banyak jenis usaha yang sudah tidak mengandalkan tempat dagang karena transaksi nya berjalan dilakukan secara online.

Jika seperti itu, ada baiknya tetap memulai tata cara dan strategi pemasaran bisnis dari sejak h-7 dengan cara memberitahukan bisnis yang akan dimulai secara langsung kepada orang terdekat. Melakukan pemberitahuan dari media sosial juga terbilang sebagai salah satu cara terbaik yang bisa diikut.

Fokus Pada Target Pemasaran
Ingat, melakukan tindakan efektif adalah salah satu poin penting yang perlu diperhatikan dalam tata cara dan strategi pemasaran bisnis. Mungkin untuk contoh terbaik, bisa dilihat dari pemasaran yang dilakukan melalui forum forum sosmed di internet. Jika produk yang akan didagangkan berupa pakaian atau benda benda fashion sejenisnya, bukan lah tindakan bijak jika melakukan pemasaran di setiap forum yang ditemukan.

Dari pada melakukan tindakan yang tidak efektif seperti itu, akan lebih baik jika memilah milah forum yang hanya bertema fashion. Setelah forum forum tersebut ditemukan, lakukan lah penawaran dari produk yang akan didagangkan. Dengan melakukan cara ini, jumlah forum yang berhasil dijangkau mungkin tidak banyak. Tetapi, setiap postingan yang dilakukan pasti diperhitungkan oleh setiap pengunjung forum.

Hal berbeda jelas akan terlihat jika tata cara dan strategi pemasaran bisnis yang digunakan adalah metode acak dengan melakukan penawaran pada banyak forum dari berbagai macam tema. Mungkin, jumlah forum yang terjangkau akan lebih banyak. Tapi ketahuilah, jumlah orang yang melakukan review terhadap penawaran yang diposting tidak akan seberapa.

Perhatikan Target Pemasaran dalam Memilih Lokasi Dagang
Sifat fokus ini juga bisa dilakukan jika bisnis yang akan dijalani memiliki tempat usaha dagang tertentu. Sebagai contoh, jangan memilih lokasi dagang di komplek perkantoran jika usaha yang dijalani berupa camilan untuk anak anak. Untuk usaha sejenis itu, akan lebih baik jika membuka lokasi dagang di supermarket atau di daerah dengan kondisi padat penduduk.

Tentu, hal berbeda perlu dilakukan jika jenis usaha yang dipilih adalah penjualan alat tulis kerja. Jika jenis usaha ini yang dipilih, adalah keputusan tepat jika membuka lokasi dagang di perkantoran. Tidak efektif bukan jika usaha alat tulis kerja dibuka di supermarket? Untuk itu, selalu pastikan bahwa target pemasaran ini diperhitungkan dalam memilih lokasi dagang.

Miliki Sosmed dan Akun Pelayanan Pelanggan
Mungkin, inilah poin yang paling real dan nyata dalam tata cara dan strategi pemasaran bisnis. apa kegunaan dari sosmed ini? Tentu tujuannya untuk melakukan pemberitahuan kepada orang banyak tentang produk baru yang ditawarkan. Dengan ini, pemasaran nya pun akan lebih mudah dan jangkauan nya pun akan lebih luas.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memiliki akun pelayanan pelanggan. Singkatnya, akun ini digunakan sebagai layanan agar pelanggan bisa bertanya kepada pengelola bisnis tentang produk yang ditawarkan. Bukan tidak mungkin juga pelanggan akan melakukan pemesanan lewat akun tersebut. Dengan ini, hubungan antara produsen dan konsumen akan menjadi lebih terjalin.

Jangan Berlebihan !!!


Inilah poin terakhir dan dirasa sebagai poin yang paling penting. Ketika memulai bisnis, banyak yang berpikir untuk memberikan promo atau pun hal hal sejenisnya. Mungkin jika dalamjumlah kecil, hal tersebut bukan lah suatu masalah. Tapi dalam tata cara dan strategi pemasaran bisnis, adalah sebuah kesalahan jika berpikir untuk memberikan promo berlebihan.

Dengan promo yang berlebihan, kebanyakan orang berpikir bahwa hal yang ditawarkan tidak memiliki jaminan kualitas. Mungkin, sebagian pembaca juga akan berpikir seperti itu ketika melihat produk dengan harga murah di internet. Untuk itu, selalu pastikan bahwa kestabilan ini terus dipertahankan agar kepercayaan pelanggan bisa didapat.

Mudah bukan untuk mengaplikasikan ilmu pemasaran di dunia bisnis. Ingat, tujuan utama pemasaran bisnis sendiri adalah untuk membuat komunikasi antara produsen dan konsumen berjalan secara sehat. Mungkin untuk lebih jelasnya, arti secara lengkap tentang apa itu pemasaran bisa di klik disini. Tapi setidaknya, ilmu penerapan langsung dari tata cara dan strategi pemasaran di dunia nyata sudah didapatkan bukan?

No comments:

Post a Comment