Akomersial

Segala Hal yang Berbau Komersial

Saturday 7 September 2019

14 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Adanya tips mengatur keuangan merupakan bukti nyata bahwa finansial merupakan aspek yang sulit untuk dikontrol. Yang jadi masalah, kebanyakan orang termasuk anda pasti masih acuh akan hal ini.

Tips Mengatur KeuanganKetahuilah, pengaturan keuangan yang baik memiliki 3 aspek penting. Ketiga aspek tersebut yaitu pembelajaran dari masa lalu, pengaktualisasian pada masa sekarang, dan perencanaan untuk masa depan.

Dengan tidak menggunakan tips tersebut, seseorang bisa dikatakan tidak peduli pada dirinya sendiri. Untuk itu, berikut 14 tips terbaik yang telah saya rangkum supaya keuangan bisa lebih terkontrol.

Adanya Anggaran Pengeluaran

Hal pertama yang perlu dibahas berhubungan dengan anggaran pengeluaran. Pada anggaran pengeluaran ini, terdapat 2 tips yang akan saya berikan yaitu :

1. Buat Anggaran Pengeluaran
2. Gunakan Alat Keuangan yang Tepat

Dengan adanya anggaran pengeluaran yang tepat, keuangan anda pasti akan terkontrol. Di samping itu, adanya alat keuangan yang tepat bisa membuat aktualisasi pada kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Baca Juga "Mengelola Keuangan Bisnis? Berikut Tahapan yang Perlu Diperhatikan"

Sebagai saran, alat keuangan yang tepat harusnya bisa dibuka dengan mudah dan dalam format yang mudah pula. Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan file berupa excel atau sejenisnya. 

Lunasi Utang Serta Tagihan dan Sisakan Untuk Masa Depan

Utang dan tagihan adalah 2 hal yang sering menjadikan tips mengatur keuangan bulanan sulit untuk dijalankan. Untuk itu, sangat disarankan agar menjadikan pelunasannya sebagai prioritas utama.

Setelah kedua hal tersebut terlunasi, jangan habiskan seluruhnya. Gunakan sebagian untuk menabung dan berinvestasi. Tujuannya sendiri untuk masa depan anda yang lebih baik.

Untuk proses menabung biasanya sulit dilakukan jika hanya memiliki 1 rekening tabungan. Untuk itu, sangat disarankan agar memiliki 1 rekening tabungan lagi yang dikhususkan untuk menyimpan tabungan pribadi.

Kartu kredit juga bisa menjadi hal yang merusak proses menabung. Oleh sebab itu,se-bisa mungkin hindarilah kepemilikan kartu kredit. Jika masih sulit karena kebutuhan pekerjaan dan aktivitas lain, bijaklah dalam menggunakannya.

Dengan ini, berikut tips nomor 3 sampai 7 :

3. Lunasi Utang dan Tagihan
4. Menabung Secara Konsisten
5. Miliki Rekening Khusus Tabungan Pribadi
6. Berinvestasi
7. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Hemat Dalam Keseharian dan Aktivitas Belanja

Berhemat adalah hal yang pasti ditekankan dalam mengatur keuangan rumah tangga maupun pribadi. Saking pentingnya, kata hemat ini tidak hanya digunakan pada keuangan rumah tangga dan pribadi saja.

Pada tips mengatur keuangan usaha, kata ini juga sangat sering diucapkan. Hal ini menandakan bahwa hemat adalah sifat yang perlu dimiliki oleh setiap orang.

Untuk anda sendiri, hemat perlu dimulai dari proses makan, penggunaan kendaraan, dan aktivitas belanja. 

Memang, kebanyakan orang sering tidak sadar saat makan. Ketika dihitung, uang yang dihabiskan itu telah berjumlah sangat besar. Selain itu, biaya yang digunakan untuk penggunaan kendaraan pun sangat besar.

Ketahuilah, penggunaan kendaraan secara terus menerus bukan hanya berakibat buruk pada kondisi keuangan. Lama kelamaan, kesehatan tubuh akan menurun dan menyebabkan adanya biaya lebih untuk pengobatan. Untuk mengganti penggunaan kendaraan bermotor, sangat tepat jika menggantinya dengan bersepeda atau berjalan kaki.

Jangan lupa juga untuk memperkecil keinginan belanja. Jika bisa, buatlah kebutuhan akan belanja ini menjadi se-minimal mungkin. Jangan lupa juga untuk cerdas dalam memanfaatkan diskon dan promo.

Berikut rangkuman tips nomor 8 hingga 11 :

8. Berhemat Dalam Banyak Hal Terutama Saat Makan
9. Ganti Kendaraan Bermotor dengan Sepeda atau Jalan Kaki
10. Perkecil Keinginan Belanja
11. Manfaatkan Setiap Diskon

Keuangan Masih Belum Terkontrol?

Walaupun seluruh tips mengatur keuangan rumah tangga sudah dicoba, keuangan biasanya masih belum terkontrol. Untuk itu, jangan lupa untuk membuat catatan keuangan sehingga dapat diketahui bagian mana yang perlu diperbaiki.

Karena keuangan berhubungan dengan kurangnya penghasilan, merupakan keputusan bijak jika mencari penghasilan tambahan. Ingat, bertambahnya penghasilan akan mempermudah proses mengontrol uang.

Baca Juga : "20 Peluang Bisnis Modal Kecil dengan Prospek Terjamin (Modal di Bawah 1 Juta Rupiah)"

Setelah segala upaya dilakukan, lakukan pengecekan ulang terhadap anggaran keuangan tersebut. Jika proses ini dilakukan secara berulang-ulang, ruang yang menyebabkan sulitnya mengontrol keuangan pasti akan tertutupi. Tentu, proses mengatur keuangan pun akan menjadi lebih mudah.

Untuk itu, dapat disimpulkan 3 tips untuk urutan 12 hingga 14 :

12. Buat Catatan Keuangan
13. Cari Penghasilan Tambahan
14. Cek Ulang Anggaran Keuangan

Jika dilihat dari 14 tips di atas, mengatur keuangan tidak sesulit yang kelihatan. Untuk itu, fokuslah dalam menjalankan setiap usaha. Jangan lupa juga untuk menambahkan pengalaman dalam menggunakan ke-14 tips mengatur keuangan tersebut di kolom komentar.

1 comment:

  1. Thanks infonya. Pada prinsipnya, tiap orang punya cara masing-masing dalam mengatur keuangannya. Ada yang tipe jor-joran di awal bulan, jor-joran di akhir bulan, bahkan ada yang jor-joran tiap hari. Hayo, kamu tipe yang mana? Jawab dalam hati aja ya! Apapun jawaban kamu, penting untuk tetap mengetahui cara mengelola keuangan yang baik dan benar lewat artikel yang saya temuin ini: Cara mudah atur keuangan bulanan

    ReplyDelete