Akomersial

Segala Hal yang Berbau Komersial

Thursday 12 April 2018

Cara Membuat dan Contoh Lamaran Kerja


Ketika telah menyelesaikan proses pendidikan, dunia sebenarnya baru saja dimulai bagi seseorang. Pekerjaan pasti akan langsung dicari karena hal tersebut merupakan salah satu cara termudah untuk bisa mendapatkan uang. Untuk mendapatkan pekerjaan, lamaran kerja memang sangat lah dibutuhkan.
https://akomersial.blogspot.com/2018/04/cara-membuat-dan-contoh-lamaran-kerja.html

Cara Membuat dan Contoh Lamaran Kerja

Lamaran pekerjaan ini sebenarnya sangat lah mudah untuk dibuat tetapi tentu, sebuah hal yang mudah pun akan menjadi sulit bagi yang tidak memhami ilmu nya. Untuk mempermudah, berikut kami berikan cara membuat dan contoh lamaran kerja bagi pemula.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran kerja, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Ada 11 hal yang perlu dipersiapkan dan berikut 11 hal tersebut :
1. Surat Lamaran Kerja
2. Pas Foto Ukuran 3x4 2 lembar (Ukuran 4x6 pun Tidak Masalah)
3. Foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
4. Foto copy SKD (Surat Keterangan Dokter)
5. Foto copy Kartu Kuning Disnaker
6. Daftar Riwayat Hidup
7. Foto Copy Ijazah
8. Foto Copy SKCK (Surat Keterangan Catatatn Kepolisian)
9. Foto Copy SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian)
10. Foto Copy Penghargaan (Jika Ada)
11. Amplop Coklat Besar

Diantara 11 hal tersebut, mayoritas sebenarnya hanya lah foto copy. Hanya ada 2 hal yang perlu dipersiapkan dengan sebaik baiknya dan kedua hal tersebut adalah surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup. Untuk membuat daftar riwayat hidup, beli lah form nya di toko buku terdekat dan langsung lah isi daftar riwayat hidup tersebut.

Tetapi ingat, hal tersebut tidak boleh dilakukan jika anda merupakan seseorang yang akan melamar perkerjaan pada bidang design. Untuk seseorang yang ahli dalam dunia design, daftar riwayat hidup menjadi sebuah nilai plus bagi seorang HRD. Untuk itu, buat lah daftar riwayat hidup yang dibuat menjadi se menarik mungkin.

Membuat Surat Lamaran Kerja

Dari 11 hal yang perlu dipersiapkan, Surat Lamaran Kerja merupakan sebuah hal yang paling perlu dipersiapkan dengan sebaik baiknya. Akan lebih baik jika surat lamaran kerja ini dibuat secara manual karena hal tersebut menjadi nilai plus tersendiri bagi seorang HRD. Untuk membuat surat lamaran kerja, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dengan sebaik baiknya.
1. Pastikan tidak ada kesalahan pada nama perusahaan yang dimasukkan.
2. Pastikan juga lampiran yang tertulis benar benar terlampir. Jangan sampai juga ada lampiran yang tidak tertuliskan.
3. Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan kata dan seusai dengan eyd.

Berikut contoh lamaran kerja tersebut :

https://akomersial.blogspot.com/2018/04/cara-membuat-dan-contoh-lamaran-kerja.html
Contoh Lamaran Kerja

Menyusun Surat Lamaran Kerja

Dengan selesai nya pembuatan surat lamaran kerja,  seluruh persiapan pun telah selesai dan sekarang telah waktu nya untuk menyusun surat lamaran kerja. Untuk penyusunan nya sebenar nya tidak ada kewajiban tersendiri tetapi pastikan bahwa penyusunan tersebut sesuai dengan yang ada di surat lamaran kerja.

Untuk penyusunan nya, masukkan lah surat lamaran kerja di tempat paling atas dan sisa nya harus lah sesuai dengan yang dituliskan pada surat lamaran kerja. Ada pengecualian untuk dua buah foto yang dilampirkan karena dua buah foto tersebut harus lah disimpan di tempat teratas. Tempelkan lah berkas berkas tersebut dengan menggunakan klip dan setelah itu masukkan lah ke dalam amplop coklat.

Pada bagian depan amplop coklat, tuliskan lah nama perusahaan dan alamat perusahaan sedangkan pada bagian belakang tuliskan lah nama, alamat, dan nomor ponsel anda. tutup lah amplop coklat tersebut dan putar lah tali yang disediakan agar amplop tersebu tidak terbuka.

No comments:

Post a Comment