Dalam dunia
bisnis, pemasaran atau yang juga dikenal dengan sebutan marketing adalah sebuah
kunci keberhasilan dalam pencapaian target. Sebenarnya, setiap orang pasti
telah memahami apa itu pemasaran. Tetapi untuk lebih jelasnya, berikut saya
berikan arti pemasaran, definisi para ahli, dan konsep secara lengkap.
Definisi Para Ahli
Sebelum
menuju ke definisi pemasaran secara lebih mudah, berikut definisi pemasaran
menurut para ahli yang sudah tersohor di bidangnya.
1. Stanton 2001
Pemasaran
adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang bertujuan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau
jasa pembeli yang ada maupun pembeli potensial demi memuaskan kebutuhan mereka.
2. Kotler 2001
Pemasaran
berarti bekerja dengan pasar sasaran demi mewujudkan pertukaran potensial untuk
memuaskan keinginan serta kebutuhan manusia.
3. Swastha dan Irawan 2005
Pemasarn
adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan jika pemuasan kebutuhan konsumen adalah
syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan.
Arti Pemasaran Secara Mudah
Jika
dilihat dari definisi para ahli di atas, ada 4 poin utama yang bisa ditangkap. Ke
4 poin tersebut adalah strategi, target pasar, pemuas kebutuhan, dan
kelangsungan perusahaan. Sebelum saya berikan arti dari pemasaran itu sendiri,
mari kita ulas ke 4 poin ini terlebih dahulu.
Strategi
adalah sebuah kesepakatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan
tertentu. Untuk target pasar sendiri, itu adalah sekumpulan orang di sebuah
atau beberapa lokasi yang akan menjadi alasan bagaimana sebuah strategi akan
dibuat.
Sedangkan
pemuas kebutuhan akan mengacu pada lokasi atau sekumpulan orang yang telah
ditentukan pada target pasar itu sendiri. Sedangkan kelangsungan perusahaan
merupakan suatu hal yang akan diperjuangkan dengan cara terus mendapatkan
keuntungan dan citra baik.
Jadi apabila
dilihat dari ke 4 poin tersebut, Pemasaran adalah sebuah strategi yang
bertujuan untuk memuaskan sekumpulan orang pada target pasar demi mendapatkan
keuntungan atau citra baik agar kelangsungan perusahaan bisa dipertahankan.
Konsep Pemasaran
Apabila
melihat dari pengertian pemasaran di atas, telah dikatakan bahwa salah satu
poin pentingn nya adalah strategi. Untuk sebuah strategi, tentulah harus ada acuan
untuk menciptakannya. Terdapat 3 acuan utama pada strategi pemasaran. Berikut, saya
berikan ketiga acuan tersebut.
1.Berorientasi pada konsumen
Konsep pertama
pada pemasaran adalah segala hal di dalamnya harus berorientasi pada konsumen. Ketika
sebuah perusahaan sedang melakukan rapat untuk menentukan pemasaran, akan
terdapat banyak hal yang bepotensi menghasilkan keuntungan dalam jumlah besar.
Walaupun
berpotensi, Hal tersebut tidak boleh dimasukkan pada strategi pemasaran apabila
tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Karena walaupun
menguntungkan, memasukkan hal yang tidak diinginkan dan dibutuhkan konsumen
akan menyebabkan kendalam pada kedepannya.
2.Keuntungan Finansial Perusahaan
Hal ini
juga perlu diperhatikan dalam menentukan strategi pemasaran. Dalam kelangsungan
perusahaan, tidak hanya citra baik dan kebutuhan konsumen yang dibutuhkan. Hal
lain yang juga diperlukan adalah asupan finansial.
Untuk
itu, keuntungan finansial perusahaan pun sangat diperlukan. Oleh karena itu lah,
hal ini adalah salah satu acuan penting dalam menentukan konsep pemasaran suatu
perusahaan.
3.Sesuai Persetujuan Bersama
Konsep
terakhir dalam sebuah pemasaran adalah sesuai persetujuan bersama. Mungkin
secara garis besar, kebutuhan pasar dan keuntungan finansial perusahaan adalah
2 hal yang sudah cukup untuk kelangsungan perusahaan.
Tetapi walaupun
sebuah perusahaan berlangsung, kinerja nya tidak akan maksimal apabila tidak
terdapat persetujuan bersama dalam setiap keputusan. Jika poin ini tidak diperhatikan,
bukan tidak mungkin sebuah konflik disfungsional internal akan tercipta
kedepannya.
No comments:
Post a Comment